Pages

Kamis, 17 Mei 2012

Renungan : jadi orang jangan sombong

Begini ceritanya gan: Alkisah ada seorang profesor yang ingin menyusuri sebuah sungai. Ia lalu memanggil seorang tukang perahu. Ketika perahu sudah bergerak menyusuri sungai, sang professor ingin menunjukkan kepandaian dan pendidikannya yang tinggi. Ia lalu mulai menguji tukang perahu dengan berbagai pertanyaan. Sambil mengangkat sebuah batu yang diambilnya dari tepi sungai, sang professor dengan arogansinya bertanya, "Apakah kamu pernah belajar geologi?" Tukang perahu menjawab "Tidak. Jangankan mempelajarinya, arti kata itupun aku tak tahu." Lalu sang professor berkata lagi "Hmm, kalo begitu kamu akan kehilangan 25% hidupmu." Si tukang perahu tidak nyaman atas hinaan itu.



Pada saat mereka jauh menyusuri sungai, arus mulai semakin deras. Sang professor mengambil selembar daun yang mengambang di sungai dan bertanya "Apakah kamu pernah belajar Botani?" Si Tukang perahu lagi-lagi menjawab tidak. Sang professor menggeleng-gelengkan kepala dan berkata "ck ck ck, berarti kamu akan kehilangan 50% hidupmu."


Ketika arus sungai semakin deras dan kuat, perahupun mulai goyang. Tiba-tiba sang professor melihat deretan gunung, sambil menunjuk deretan gunung ia bertanya lagi "Apakah kamu tahu tentang geografi?" dengan perasaan rendah diri si tukang perahu menggelengkan kepala. Sang professor pun berkata "sudah kuduga demikian. Berarti kamu akan kehilangan 75% hidupmu."

Pada saat itu juga sungai menjadi bergolak hebat. Air sungai bergerak dengan liar sehingga tukang perahu tidak mampu mengendalikan perahunya. Dan tiba-tiba perahu yang sedang goyah itu membentur batu besar sehingga perahu bocor dan mulai tenggelem. saat itulah tukang perahu bertanya ke profesor "Apakah profesor bisa berenang?" dengan ketakutan sang profesor menjawab "Tidak". "Berarti anda akan kehilangan 100% hidup anda" kata tukang perahu sambil melompat dari perahu yang mulai tenggelam dan berenang menuju tepi sungai.


Pesan moral: jadi orang jangan sombong gan, kalo sombong ya kayak profesor itu deh kena batunya  ^_^

0 komentar:

Poskan Komentar